KESUKSESAN BERAWAL DARI SEBUAH MIMPI

Monday, April 29, 2013

SAKLAR HOTEL ATAU SAKLAR TUKAR

Dulu saya punya sedikit pengalaman tentang pasang instalasi listrik. dan waktu itu kebetulan saya ada sedikit projek ditempat bos saya kerja, saya disuruh pasang insatalasi rumah barunya secara keseluruhan. dan rumah bos saya ini kebetulan rumahnya ditingkat,  jadi bos saya perintah saya pasang saklar hotel atau saklar tukar dan kebetulan pada waktu itu pengetahuan saya belum nyampe. jadi saya bingung, ga bisa pasang saklar hotel tersebut sampai saya cari info sani sini sampai brwosing internet, dan tanya temen segala. Dan akhirya sekarang saya sudah mengerti bagaimana pasang instalasi saklar hotel tersebut.

 Berikut ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan saja nih tentang bagai mana memasang saklar hotel. atau saklar tukar. Sebetulnya  saklar hotel ini bukan merk. Tapi, Insatalasi pemasangan saklar seperti ini banyak dijumpai di hotel hotel besar yang mempunyai banyak lorong panjang. Maka disebutlah saklar hotel.atau saklar tukar.

Contoh
Sebuah lorong menggunakan 1 buah lampu. lampu tersebut akan menyala apabila saklar pada posisi lorong A ditekan. Dan untuk mematikanya bisa ditekan lorong B. begitu juga sebaliknya. berikut ini  gambar instalasinya.
Keterangan.
Gambar disebelah ini adalah gambar instalasi saklar tukar mengunakan dua buah relay dan dua saklar biasa.Relay yang saya gunakan biasa pakai omron MK2P-I atau bisa juga menggunakan MK3P-I atau lain sebagainya yang penting  minimal 2 kontak.dan ingat jangan sampai salah antara koil dan kontak.



Contoh Relay MK2P-I mempunyai satu koil dan 2 Kontak NO Dan NC nomornya 1 sampai 8
Contoh Relay MK3P-I mempunyai satu koil dan 2 Kontak NO Dan NC nomornya 1 sampai 11
tinggal anda perhatikan nomorya saja  mana NO Dan man NC Nya tingal diperaktek kan.

Dan banyak juga relay
saklar hotel part yang di perlukan sudah banyak tersedia di toko alat listrik .


Contoh gambar tanpa mengunakan relay atau menggunakan saklar SPDT
tinggal membeli saklar SPDT ini anda sudah bisa pasang saklar hotel atau saklar tangga ini.




Selamat mencoba semoga bermanfaat. Terimakasih

No comments:

Post a Comment